Apa Itu GMAT ? dan Apa Kegunaan Mengikuti Tes GMAT

apa itu gmat

Apa Itu GMAT – Anda mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Tentu saja Anda sudah mulai mempersiapkan persyaratan dokumen dan beberapa tes yang harus Anda ambil terlebih dahulu sebelum kuliah di luar negeri.

Mungkin bagi beberapa orang sudah tahu bahwa jika ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri harus melewati tes GMAT. Tetapi bagi Anda yang belum tahu, disini akan dibahas mengenai tes GMAT.

Apa Itu GMAT?

tes gmat

 

GMAT merupakan singkatan dari Graduate Management Admission Test yang berarti Tes Masuk Pascasarjana Manajemen. Tes GMAT menjadi syarat masuk ke sekolah bisnis dengan sistem komputer.

Berbeda dengan tes GRE, tes GMAT lebih fokus pada logika, grammar, dan kemampuan penalaran. Terdapat 73 pertanyaan pilihan ganda dan dua esai analitis yang harus diselesaikan dalam tes ini.

Baca Juga: Tips Memilih Furniture

Nilai GMAT diukur berdasarkan tingkat kesulitan pertanyaan yang dijawab dan jumlah jawaban-jawaban yang benar. Anda hanya diberikan waktu sekitar 3 jam 30 menit untuk menyelesaikan tes GMAT.

Apa Tujuan Dari Tes GMAT?

Tes GMAT menjadi tes yang wajib harus Anda ikuti jika ingin mengambil sekolah bisnis di Amerika Serikat karena tes ini bertujuan untuk membantu universitas yang ada di Amerika Serikat dalam memgevaluasi kemampuan akademis calon pesertanya.

Apa Saja yang Menjadi Bagian pada Tes GMAT?

1. Analytical Writing Assesment

Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan dalam berargumentasi. Pada tes ini akan diberikan waktu 30 menit untuk menuliskan sebuah esai.

2. Integrated Reasoning

Tes ini terdiri dari pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami dan mengevaluasi informasi yang diberikan dengan format yang berbeda dan sumber yang beragam. Pada tes ini Anda akan diberikan waktu 30 menit untuk mengerjakan 12 soal.

3. Verbal Reasoning

Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami written material, mengevaluasi suatu argumen, dan membenarkan written material. Pada tes GMAT, kemampuan grammar Anda dalam bahasa Inggris akan sangat diuji.

Tes ini terdiri dari 41 soal pilihan ganda yang harus Anda selesaikan dalam waktu 75 menit. Bagi yang sudah pernah tes GMAT berpendapat bahwa soal bagian verbal GMAT lebih mudah bagi yang tidak berada pada lingkungan akademis berbahasa Inggris.

4. Quantitative Reasoning

Pada tes ini Anda akan berhadapan dengan soal matematika. Tetapi, menurut sebagian orang yang telah mengikuti tes GMAT berpendapat bahwa soal matematika GMAT sangat rumit untuk diselesaikan. Sehingga dibutuhkan latihan yang rutin agar hasilnya maksimal. Tipe pada soal ini berbentuk pilihan ganda. Pada tes ini waktu yang diberikan adalah 75 menit untuk menyelesaikan 37 soal.

Berapa Skor yang Harus Dipenuhi Agar Lolos Tes GMAT?

GMAT mempunyai skala nilai 200-800 yang berlaku selama 5 tahun. Sehingga, jika Anda ingin lolos pada tes GMAT harus pada rentang angka tersebut. Semakin tinggi skor yang Anda capai maka semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk diterima di universitas impian.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mengikuti Tes GMAT?

Jika Anda berminat untuk tes GMAT ada baiknya terlebih dahulu mengikuti kursus persiapan GMAT agar sukses dan biasanya biaya yang dikeluarkan tentu tidak murah yaitu sebesar $250 atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp 3.200.000.

Berikut adalah sedikit informasi gambaran mengenai tes GMAT. Intinya selalu belajar untuk mempersiapkan tes yang akan Anda hadapi. Karena dengan banyak latihan Anda akan terbiasa untuk mengerjakan
soal yang setipe.

Jangan lupa memperhatikan waktu pengerjaan pada saat latihan agar Anda dapat memprediksikan berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk menyelesaikan setiap soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *